STATE & ANCHOR


STATE

State merupakan keterkaitan antara keadaan mental dan fizik pada individu. Yakni pada suatu saat tertentu, atau lebih dikenali oleh orang sains adalah proses neurologis. Sekiranya kita mampu merubah keadaan ketika mengalami suatu kejadian, ia akan berpengaruh terhadap keadaan yang lain. Erti kata lain state adalah inti perubahan dari kejadian dan pengalaman yang di lalui oleh seseorang. Dalam ilmu NLP mengatakan, semua perubahan yang dilakukan, hakikatnya adalah perubahan untuk mengubah state.

Contoh kejadian :
  1. 1. Dua orang anak yang ditinggal mati oleh orang tuanya. (Satu berjaya dalam hidup dan satu lagi gagal dalam hidup, dan hidup nya merempat).
  2. 2.      Dua usahawan mengalami bangkrap dalam syarikat. (A takut untuk memulainya dan bangkit lagi, B berasa beruntung kerana mendapat sebuah pelajaran).
  3. 3.      Dua orang wanit dirogol. (1 hidup penuh dengan ketakutan, dan 1 lagi berlatih bela diri dan mendirikan organisasi).

Dengan menggunakan teknik NLP ini, yaitu teknik breaking state, keadaan fikiran serta perasaan kita, tidak lagi akan menjadi sebuah tragedi atau keadaan yang menghantui kita, dan kita dapat mengawalnya.

Bagaimana kita mengendalikan state kita? Yakni dengan cara :

Access : Pengalaman masa lalu, beimajinasi masa depan, dan orang lain yang memiliki keadaan tersebut.
Amplify : Merubah gambar dalam state sersebut, merubah suara atau musik, meningkatkan intensitas perasaan.
Ancor : Tanda fikiran atau perasaan. Setelah mengakses sebuah keadaan yang diinginkan, kemudian meningkatkan intensitasnya, kita dapat memasang anchor.
Apply : Setelah anchor terpasang saatnya anda memanfaatkannya.

·         Kalibrasi : Mengukur state seseorang.
·         Breaking State : Pemutusan pola dari suatu keadaan state tertentu, baik berupa ucapan mahupun gerakan. Dengan tujuan untuk beralih ke state yang baru.

ANCHOR
Merupakan suatu pengalaman baik eksternal mahupun internal, yang diterima melalui sensor inderawi dan memiliki respon terasosiasi secara internal. Anchor dapat tercipta secara tidak sengaja mahupun memang di program untuk tujuan tertentu. If “stimulus” then “Response”.

Agar Anchor dapat bekerja lebih efektif ,berkesan dan maksimal, maka dalam membentuk anchor haruslah memenuhi syarat seperti ini:
·         Associate
·         Unik/Khas
·         Pengulangan
·         Intensitas emosi
·         Ketepatan/moment



Antara jenis-jenis anchor adalah seperti berikut :

ü  Sliding Anchor : Pembuatan anchor yang dilakukan dengan cara menggeser (analog) untuk mendapatkan intensitas state yang bertahap.

ü  Stacking Anchor : Proses melakukan penumpukan anchor dengan kualiti state yang sejenis pada satu tempat yang sama.

ü  Collapsing Anchor : Salah satu teknik pemanfaatan anchor untuk therapy dengan memanafaatkan suatu keadaan yang berlawanan (contrast).

ü  Chaining Anchor : Teknik pembuatan beberapa anchor sejenis untuk menghasilkan penguatan secara progresif.


By Abu Bakar Ahmad Mansor
(S.Kom.I,CH,CHt,CI,MNLP)

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply
Copyright@2012 Abu Bakar Ahmad Mansor. Diberdayakan oleh Blogger.

FOLLOW MY BLOG

RECENT POST

INGIN MENDAPAT PENGHASILAN 10JUTA MINIMAL SEBULAN?? BURUAN!! (HUBUNGI +6287725844448)